Teknik – Teknik dalam Membuat Batik

  1. Batik Tulis

Teknik pembuatan batik yang paling tua adalah batik tulis yang mana proses pembuatan batik ini masih menggunakan alat canting tradisional yang diisi dengan lilin panas sebelum kemudian digoreskan di atas kain untuk membentuk ragam pola batik yang indah. Setelah semua pola yang diinginkan telah tertutupi oleh lilin, barul kemudian kain kemudian diwarnai dan lilin di-”lorot” atau dilepaskan dari kain dan terbentuklah gambar motif batik yang indah.

Proses pembuatan batik tulis ini yang masih sangat tradisional ini membuat pengerjaan batik tulis dapat memakan waktu yang sangat lama hingga 3 bulan. Namun, dibalik proses yang panjang inilah batik tulis memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Jadi, jangan heran jika batik tulis kerap dijual dengan harga yang cukup mahal dan eksklusif.

  1. Batik Cap

Di awal abad ke-20, mulai dikenal dengan teknik pembuatan batik lainnya, yakni dengan menggunakan cap. Batik yang dibuat dengan teknik ini dikenal juga dengan sebutan batik cap. Masih sama-sama menggunakan lilin “malam”, perbedaan teknik batik cap dan batik tulis adalah pengaplikasian lilin yang tidak menggunakan canting, melainkan cap yang terbuat dari tembaga dengan berukuran sekitar 20×20 cm. dan secara sederhana, proses pembuatan batik ini seperti menggunakan stempel.

Dengan teknik pembuatan batik ini, proses pengerjaan batik menjadi jauh lebih cepat. Tak hanya menggunakan cap secara menyeluruh, tak sedikit juga pembatik yang menggabungkan teknik pembuatan batik tulis dan juga batik cap dimana pola atau gambar utama dibentuk menggunakan cap, dan ornamen dekoratif pelengkap baru ditambahkan dengan teknik canting yang masih tradisional.

  1. Teknik Batik Colet

Untuk dapat mendapatkan motif batik yang memiliki banyak warna berbeda, pada teknik yang lebih tradisional seperti batik tulis dan batik cap, diperlukan proses mencanting dan pewarnaan yang berulang-ulang hingga didapatkan komposisi warna yang diinginkan. Namun, hal ini tentu menjadikan proses pembuatan batik yang telah panjang menjadi semakin panjang.

Maka dari itu, berkembanglah teknik batik colet atau kerap dikenal juga dengan istilah batik lukis. Ciri khas dari teknik pembuatan batik ini ialah proses pewarnaan dimana setelah lilin diaplikasikan di atas permukaan kain, kemudian kain diwarnai dengan kuas sesuai dengan warna-warna yang diinginkan pada pola batik.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *