Tanda-tanda Melahirkan Prematur dan Penyebabnya

Setiap kelahiran ditunggu oleh ibu hamil dan pasangan karena akan menyambut lahirnya buah hati. Hal tersebut menjadi momen yang ditunggu dan dipersiapkan dengan sangat baik secara materil dan juga moril seperti persiapan mengurus bayi dan persiapan melahirkan. Akan tetapi kehamilan, salah satu yang bisa terjadi selain dengan keguguran adalah mengalami kelahiran prematur. Kelahiran prematur akan membuat bayi lahir secara prematur dan menjadikannya lahir diwaktu lebih awal daripada waktu seharusnya. Tetapi sama seperti kelahiran pada umumnya, kelahiran prematur ini juga akan mempunyai tanda – tanda melahirkan .

Kelahiran bayi prematur mempunyai kemungkinan sekitar 12 persen dari semua kehamilan. Dimana kelahiran tersebut terjadi tiga minggu lebih awal sebelum tanggal kelahiran bayi. Pada umumnya bayi akan lahir pada bulan ke 9 lebih 10 hari atau sekitar itu. Tetapi bayi yang lahir prematur dapat lahir lebih awal dan ibu mengalami kehamilan yang berumur ke 37 minggu. Kelahiran prematur tersebut mempunyai beberapa perkiraan yaitu seperti berikut ini:

  1. Akhir prematur adalah kelahiran pada 34 hingga 36 minggu usia kehamilan.
  2. Cukup prematur adalah kelahiran pada 32 hingga 34 minggu usia kehamilan.
  3. Sangat prematur adalah kelahiran pada 32 minggu usia kehamilan.
  4. Ekstrim prematur merupakan kelahiran sebelum usia kehamilan 25 minggu.

Kelahiran prematur mempunyai resiko kesehatan yang dapat dialami baik oleh bayi dan ibu. Paling umum dari kelahiran prematur adalah akan dapat untuk membuat bayi lahir dengan berat badan kurang. Sehingga keadaan tersebut membutuhkan perawatan yang optimal agar bayi dan juga ibu dalam keadaan sehat. Sangat penting untuk melakukan pencegahan terhadap faktor bayi yang dapat lahir prematur. Adapun beberapa faktor resiko dapat menyebabkan bayi lahir prematur adalah:

  1. Adanya kelahiran prematur yang dialami sebelumnya.
  2. Mengalami kehamilan bayi kembar dua, tiga, dan seterusnya.
  3. Mempunyai jarak kehamilan yang kurang dari enam bulan.
  4. Hamil melalui program bayi tabung.
  5. Mempunyai masalah rahim, leher rahim, dan plasenta.
  6. Mengalami pendarahan pada vagina.
  7. Pernah mengalami aborsi atau keguguran.
  8. Terjadinya infeksi saluran di ketuban, vagina, saluran kemih, dan ginjal.
  9. Mempunyai penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, gangguan pembekuan darah, dan diabetes.

Sehingga mempunyai faktor di atas, Anda bisa untuk mengurangi faktornya atau juga mengetahui kondisi tanda-tanda melahirkan prematur. Hal tersebut akan sangat membantu untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan yaitu segera untuk pergi ke bidan atau dokter untuk meminta bantuan dan segera melahirkan. Adapun beberapa tanda kelahiran yang dialami adalah seperti berikut ini:

  1. Tanda-tanda melahirkan prematur yang pertama adalah mengalami kontraksi. Hal ini memang dialami oleh ibu hamil ketika akan melahirkan. Ketika akan melahirkan, kontraksi yang dirasakan biasanya lebih sering yaitu hingga 5 kali dalam satu jam, atau yang lebih parah adalah setiap 10 menit sekali.
  2. Tanda kedua adalah mengalami sakit punggung terutama di bagian punggung bawah. Sakit punggung ini muncul secara tiba-tiba dan bisa hilang tetapi kemudian muncul lagi.
  3. Tanda selanjutnya adalah mengalami kram yang konstan. Kram terjadi pada bagian perut tanpa diare.
  4. Tanda selanjutnya adalah mengalami keputihan yang berlebihan. Peningkatan keputihan ini menjadi tanda yang normal ketika akan melahirkan.
  5. Pendarahan pada vagina juga dapat menjadi tanda yang harus dikenali untuk kelahiran prematur.
  6. Tanda terakhir adalah ketika terjadi peningkatan tekanan di area vagina atau pelvis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *