RIBA Robot Beruang Perawat

Singkatan untuk “Robot Bantuan Tubuh Interaktif” – dikembangkan oleh para peneliti di Institut Penelitian Fisik dan Kimia Jepang (RIKEN) dan Tokai Rubber Industries, Ltd. (TRI). Robot 180kg ini dirancang untuk membantu perawat mengangkut pasien ke dan dari tempat tidur dan kursi roda mereka (juga ke dan dari toilet) dan dapat dengan aman mengangkut dan mengangkut individu dengan berat maksimum 61kg.

Koleksi di lengan dikaitkan dengan susunan sensor sentuhan yang membantu mengoptimalkan pengangkatan dan pengangkutan manusia. Untuk keamanan, seluruh tubuh RIBA ditutupi dengan kulit lunak yang dibentuk oleh busa uretan ringan yang dikembangkan dengan TRI. Kulit lembut ini dirancang untuk memastikan kenyamanan pasien saat dikenakan oleh RIBA. Selain itu, sendi lengan dibuat lebih ramping – kurang lebih seperti lengan manusia – bahkan lebih untuk menambah tingkat kenyamanan dan keamanan.

Robot beruang ini juga dapat mengenali wajah dan suara serta merespons perintah yang diberikan. Dengan menggunakan data visual dan suara dari lingkungan sekitar, RIBA dapat mengidentifikasi rekan-rekannya, menentukan posisi terdekat dan merespons secara fleksibel untuk beradaptasi dengan lingkungan baru secepat mungkin. Mesin berjalan tanpa suara dan satu set roda omnidirectional memungkinkan robot untuk menavigasi ruang sempit di dalam rumah sakit dan fasilitas perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *