Hati-Hati, Nyeri Perut Kanan Bawah Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Usus Buntu

Perut merupakan organ tubuh yang sering diserang rasa sakit yang dikarenakan oleh berbagai faktor. Sehingga tak jarang rasa sakit tersebut diabaikan dengan mudah. Meski begitu, nyeri perut kanan bawah merupakan gangguan yang tidak bisa dianggap sepele karena ternyata hal tersebut bisa menjadi pertanda awal berbagai penyakit yang membutuhkan penanganan lanjut.

Usus Buntu

Umumnya, rasa nyeri yang terjadi pada bagian bawah kanan perut ini disebabkan oleh radang usus buntu. Terjadinya penyempitan pembuluh didalamnya menyebabkan infeksi yang berakibat pada radang yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Rasa sakit ini terjadi mulai dari area di sekitar pusar (ambikus) hingga perut kanan bawah dimana usus buntu berada.

Rasa sakit yang diderita akan menetap hanya pada area tersebut dan mengalami peningkatan rasa sakit apabila terjadi pergerakan. Selain itu rasa nyeri akibat radang usus buntu inijuga dibarengi dengan hilangnya nafsu makan hingga munculnya rasa mual dan muntah.

Batu Ginjal

Selain merupakan tanda awal radang usus buntu, nyeri perut kanan bawah juga bisa menandakan terdapatnya batu ginjal pada kandung kemih. Rasa sakit yang ditimbulkan akan datang secara tiba-tiba dan bisa menjalar hingga ke pangkal paha.

Pada umumnya rasa sakit yang ditimbulkan juga  mengalami intensitas yang sangat menyakitkan. Akan tetapi hal ini bergantung pada besar batu ginjal yang terdapat di dalam tubuh. Rasa sakit ini juga bisa dibarengi dengan kram, atau mual dan muntah.

Batu Empedu

Batu empedu yang terbentuk di dalam tubuh sebenarnya tidak akan berdampak pada aktivitas sehari-hari. Namun masalah timbul ketika batu tersebut menyumbat saluran empedu dan menyebabkan radang. Rasa sakit ini akan timbul pada perut bagian atas yang bisa menjalar hingga ke dada, bahu, hingga punggung bagian atas.

Rasa sakit yang terjadi akan datang secara mendadak dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan akan mengalami kenaikan intensitas sedikit demi sedikit seperti gelombang. Gejala ini juga bisa disertai dengan rasa mual dan muntal.

Kista Ovarium anan

Kista ovarium merupakan suatu penyakit berupa benjolan berisi air yang terdapat di dalam indung telur atau ovarium. Jika benjolan ini membesar dan pecah, maka akan mengakkibatkan rasa sakit tak tertahankan di area sekitar perut. Rasa sakit yang terjadi bisa di bagian kanan atau kiri perut karena wanita memiliki dua buah indung telur.

Hernia Inguinalis

Hernia ingunalis merupakan gangguan yang terjadi ketika jaringan lunak menonjol pada otot perut. Tonjolan ini dapat menimbulkan rasa sakit terutama ketika terjadi gerakan seperti membungkuk atau mengangkat beban berat. Hernia ini juga bisa terjadi di sisi kanan atau kiri perut.

Nyeri perut kanan bawah yang Anda alami tidak bsia diremehkan begitu saja. Apabila rasa sakit itu hidak jaga hilang, segera periksakan diri ke dokter terdekat. Meningkatkan pengetahuan seputar kesehatan juga berguna untuk mendeteksi penyakit lebih dini. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara membaca artikel yang terdapat pada laman orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *